Form Order

8 Tips Digital Marketing Ini Bantu Bisnis Anda Makin Dikenal Di Tengah Pandemi Corona

shape image

8 Tips Digital Marketing Ini Bantu Bisnis Anda Makin Dikenal Di Tengah Pandemi Corona

 


Agar Bisnis Anda Semakin Dikenal Khalayak Di Tengah Pandemi Virus Corona, Ada Beberapa Tips Digital Marketing Yang Bisa Anda Lakukan. Penasaran Apa Saja Itu? Simak Informasi Lengkapnya Berikut Ini.


Pandemi virus Corona telah memberikan banyak dampak negatif pada hampir semua bidang industri, mulai dari usaha kecil, menengah hingga besar. Akibatnya, ada banyak orang yang di-PHK, dirumahkan hingga berbagai bisnis terpaksa gulung tikar.

Jika Anda juga terkena imbas dari pandemi ini, sebaiknya tetap semangat dan jangan menyerah. Sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bangkit dan menghidupkan kembali bisnis Anda, salah satunya adalah dengan cara melakukan digital marketing atau pemasaran secara digital.

Sesuai dengan namanya, pemasaran digital merupakan sebuah usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital seperti internet. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan foto, video maupun konten lainnya agar dapat menjangkau konsumen dengan cepat dan tepat.

Berkaitan dengan hal ini, tim SuperMedia akan menghadirkan beberapa tips digital marketing yang bisa Anda terapkan di tengah pandemi virus Corona. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Memiliki Tekad Belajar Yang Tinggi

Unsplash/Wes Hicks

Saat ini hampir semua kalangan sudah mahir menggunakan teknologi, termasuk untuk melakukan pemasaran digital. Meski demikian, kita tetap harus belajar dan berlatih untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Karena jika Anda tidak memiliki hasrat untuk belajar melakukan digital marketing, Anda akan dikalahkan dengan mudah oleh kompetitor.

Anda bisa mulai dari hal yang paling sederhana, yakni mempelajari bagaimana cara merek yang sudah terkenal membuat berbagai postingan dan responnya di kolom komentar. Perhatikan juga bagaimana cara mereka untuk mendapatkan banyak like, komentar dan followers dalam waktu singkat. Dan yang tak kalah penting untuk dipelajari adalah mengenal berbagai istilah yang biasanya digunakan dalam digital marketing, seperti SEO, SEM, PPC, PPI dan lain sebagainya.

2. Buatlah Website Atau Toko Online


Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mensukseskan digital marketing adalah dengan membuat website atau toko online. Hal ini penting dilakukan untuk membantu memasarkan produk Anda dengan sasaran yang lebih luas dan secara cepat.

Jika Anda tidak berpengalaman, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dan toko online dari SuperMedia. Mereka bisa membantu Anda memulai promosi dengan efektif, dengan mengoptimalkan di mesin pencarian, desain web hingga pembuatan aplikasi mobile. Yang terpenting adalah bagaimana cara Anda mendesain website tersebut semenarik mungkin untuk memikat konsumen.

3. Manfaatkan Media Sosial


Rawpixel/Minty

Selain website dan toko online, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran digital. Media sosial bisa jadi medium digital marketing yang paling mudah dan terjangkau, khususnya bagi para startup. Selain sebagai wadah promosi, media sosial juga bisa Anda jadikan sebagai brand awareness atau kesadaran bisnis.

Pengguna media sosial yang sangat banyak dan terus meningkat dari hari ke hari bisa menjadi ladang emas bagi Anda untuk memasarkan produk. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan rasa percaya konsumen pada brand Anda dengan melakukan komunikasi langsung melalui media sosial.

4. Pahami Target Pemasaran Anda


Bagi para pelaku UKM, memutuskan untuk berinvestasi dalam brand awareness atau lead generation bukan hal yang mudah. Oleh karena itu penting untuk meningkatkan ukuran audiens Anda dari waktu ke waktu untuk membangun kesadaran mereka. Langkah ini bisa menjadi cara yang tepat untuk meletakkan dasar bagi generasi penerus sekaligus meningkatkan penjualan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Misalnya berapa banyak leads atau konversi yang ingin Anda raih serta standar brand awareness seperti apa yang Anda inginkan. Buat tujuan atau gol tersebut serinci mungkin dan fokuslah untuk meraihnya.

5. Bangun Image Yang Unik, Positif Dan Menarik

    Rawpixel

Agar brand Anda dikenal secara luas, penting untuk membangun imej yang unik, berbeda, namun tetap positif dan menarik. Unik dalam hal ini bisa Anda terapkan dari segi pelayanan maupun strategi pemasaran produk. Dengan menjadi unik dan memiliki ciri khas sendiri, bisnis Anda akan berbeda dari yang lain sehingga lebih mudah diingat oleh khalayak.

Selain itu, usahakan untuk menghadirkan konten yang positif dan menarik. Bila perlu, hadirkan konten kreatif dan edukatif yang bisa membantu menyelesaikan masalah konsumen. Dengan begitu strategi promosi bisnis Anda tidak hanya terlihat seperti iklan, namun sebuah konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

6. Influencer Marketing Campaign

Rawpixel/Teddy Rawpixel

Influencer marketing bisa diartikan sebagai cara promosi menggunakan jasa orang yang berpengaruh dan memiliki banyak followers di media sosial. Mereka adalah selebriti, selebgram, youtuber maupun para profesional yang bisa dengan mudah mempengaruhi orang lain. Cara ini sendiri kerap dilakukan sebagai salah satu word of mouth dalam suatu pemasaran.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih influencer marketing. Pertama, perhatikan jumlah pengikut influencer tersebut, sesuaikan karakteristik mereka dengan produk dan bisnis Anda, pilih influencer yang terpercaya dan memiliki banyak followers serta sesuaikan bayaran yang mereka patok dengan anggaran Anda.

7. Selalu Up To Date Dan Bangun Jaringan Secara Perlahan

Rawpixel/Minty

Karena perkembangan dunia digital sangatlah cepat, kita harus selalu mengikuti tren agar tidak sampai ketinggalan zaman. Caranya sangat mudah, yakni dengan memperbaharui informasi dan berita terkini dari waktu ke waktu. Ikuti perkembangannya dan terapkan secara perlahan pada bisnis milik Anda.

Selain itu, usahakan untuk membangun jaringan secara perlahan guna memasarkan produk atau jasa Anda. Untuk itu, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan. Pertama, bergabung dengan grup atau komunitas yang sering membahas tentang bidang yang Anda geluti. Bila perlu, telusuri berbagai akun yang selalu update tentang bidang bisnis Anda dan jalin pertemanan dengan mereka. Setelah itu, Anda bisa mulai memasarkan produk secara perlahan dan luas.

8. Evaluasi Secara Rutin

Rawpixel

Setelah Anda menjalankan semua tips di atas dengan baik, jangan lupa melakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui apakah tujuan Anda sudah tercapai atau belum. Jika sudah, pikirkan langkah konkret apa yang akan Anda ambil untuk mempertahankan dan meningkatkannya. Bila belum, Anda harus memikirkan cara yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah demi mencapai hasil yang optimal.

Demikian delapan tips melakukan digital marketing di tengah Pandemi virus Corona yang telah tim SuperMedia rangkum untuk kalian.




© Copyright 2013-2022 SUPERMEDIA

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now