Pesan Sekarang

Tambah Penghasilan Di Tengah Pandemi, Ini 8 Pekerjaan Online Yang Cocok Untuk Freelancer

shape image

Tambah Penghasilan Di Tengah Pandemi, Ini 8 Pekerjaan Online Yang Cocok Untuk Freelancer

 


Beberapa Pekerjaan Sampingan (Freelance) Bisa Kalian Coba Untuk Menghabiskan Waktu Dan Mendapatkan Tambahan Penghasilan. Karena Bernama Sampingan, Jadi Waktu Kerja Juga Lebih Fleksibel.

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia membuat banyak orang lebih memilih untuk berdiam diri di rumah. Banyak anak sekolah dan mahasiswa diliburkan dan melakukan kegiatannya di rumah saja.

Tak hanya itu, pandemi yang menghantam Indonesia ini juga membuat sebagaian orang kehilangan pekerjaannya. Untuk itu, pekerjaan sampingan (freelance) yang bisa kalian coba untuk menghabiskan waktu dan mendapatkan tambahan penghasilan. Karena bernama sampingan, jadi waktu kerja juga lebih fleksibel.

Tidak ada jam kantor, kalian bisa kerja dimanapun dan kapanpun. Kalian juga tidak terikat kontrak, dan biasanya cari kerja sampingan seperti ini lebih mudah. Untuk gaji, pekerjaan ini juga memiliki upah yang lumayan besar loh. Penasaran apa saja? Berikut tim SuperMedia rangkum 8 jenis pekerjaan online yang cocok untuk freelancer. Yuk disimak!

1. Translator


Translator

Kalau kalian jago dalam berbahasa lain selain bahasa ibu, jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk mengeruk keuntungan. Kalian bisa mencari pekerjaan sampingan ini di beberapa situs untuk menjadi penerjemah online. Sering dianggap remeh, namun translator bisa mendapatkan bayarannya besar jika mendapat klien yang tepat.

Untuk pasar lokal sendiri, kalian bisa memperoleh Rp150.000 per halaman sebuah jurnal atau karya tulis yang diterjemahkan. Sedangkan untuk pasar internasional, bayarannya sekitar US$17,5 per satu lembar. Bayaran ini akan semakin besar jika kalian memiliki sertifikat bahasa asing sehingga penerjemahannya juga makin akurat.

2. Freelance Writer


Freelance Writer

Saat ini banyak perusahaan dengan berbagai latar belakang yang membutuhkan freelance writer. Biasanya mereka akan mengajukan tema-tema tertentu untuk ditulis. Bayarannya sendiri tergantung kebijakan perusahaan dan tingkat kesulitan tulisannya.

Umumkanya kalian bisa memperoleh Rp25.000 untuk setiap artikel berbahasa Indonesia yang panjangnya sekitar 500-700 kata. Tentu bayarannya lebih besar lagi kalau bekerja dengan klien luar negeri. Jika kalian merasa memiliki kemampuan dalam bidang ini, pekerjaan seperti penulis konten di majalah dan artikel online tampaknya cocok untuk kalian.

3. Admin Media Sosial


Admin Media Sosial

Jika kalian pandai merangkai kata-kata, salah satu kerja sampingan online yang menjanjikan buat adalah menjadi admin media sosial. Banyak perusahaan-perusahaan kecil yang mencari-cari jasa ini. Jasa admin media sosial biasanya memiliki tugas untuk membuat sebuah caption, atau kata-kata interaktif di platform media sosialnya demi meningkatkan produk mereka.

Media sosial sering diasosiasikan sebagai wajah dari sebuah perusahaan. Sehingga jika kamu memiliki kemampuan berinteraksi yang baik, kerja sampingan online di rumah yang satu ini akan cocok dengan kalian. Mulai sekarang maksimalkan media sosial yang kalian punya ya.

4. Pengisi Survey Online


Pengisi Survey Online

Kerja sampingan online yang ini tak butuh usaha yang besar banget. Bagaimana tidak, dalam pekerjaan ini kalian cuma diminta mengisi survei. Mekanismenya mudah, kalian cuma perlu registrasi di salah satu website penyedia survei online. Lalu nantinya kamu ikuti aturan main pengisian surveinya.

Penghasilannya sendiri kamu dapatkan dengan mengumpulkan poin atau reward karena mengisi survei online. Poin tersebut nantinya bisa kalian tukarkan dengan uang. Makin banyak poin yang terkumpul, makin besar penghasilan yang kalian terima. Mudah banget kan?

5. Desain Grafis


Desain Grafis

Desain grafis saaut ini menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Banyak orang membutuhkan desainer grafis untuk merancang logo, poster, dan lainnya. Jika berkemampuan bagus, kalian bisa memperoleh beberapa ratus ribu setelah merancang satu logo. Bahkan tak mustahil untuk mendapat uang hingga berjuta-juta.

Untuk menjaring klien gampang banget. Kalian tinggal pasang karya-karya terbaik kalian di media sosial. Tapi untuk menjaring lebih banyak lagi, kalian bisa memajangkan karya di situs-situs kreatif seperti Kreavi, Behance, Dribbble, dan masih banyak lagi.

6. Tutor Online


Tutor online

Kerja sampingan online berikutnya adalah membuka jasa tutor online. Sekarang zaman sudah makin canggih, belajar tak harus bertatap muka langsung dengan guru atau tutornya. Melalui software seperti Skype atau bahkan aplikasi chatting WhatsApp, kamu bisa mengajar tentang berbagai topik seperti Matematika, bahasa Inggris, dan lainnya.

Namun yang menggunakan ini biasanya mereka-mereka yang bekerja di industri pendidikan informal, misal tempat les bahasa Inggris atau les matematika. Kalian bisa mengajarkan ilmu yang kamu punya ke rekan-rekan terdekat dulu saja. Jika kalian memiliki sertifikat mengajar atau memiliki latar belakan pendidikan di ranah keguruan, itu akan menjadi nilai plus untuk kalian.

7. Software Engineer


Software Engineer

Kebutuhan teknologi yang semakin meningkat membuat software engineer alias pendesain software banyak dicari. Dengan kemampuan koding yang baik, kalian bisa membuat software untuk berbagai perusahaan dengan bayaran tinggi.

Namun, pertama-tama pastikan untuk memilih lowongan kerja online terpercaya ya. Beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk bidang ini antara lain menguasai koding dan database dasar, menguasai program untuk membuat software serta memahami tren pasar dan software terkini.

8. Dropshipper Atau Reseller


Dropshipper Atau Reseller

Tak perlu dipungkiri, online shop kini telah banyak berkembang dan menjadi salah satu usaha yang paling diminati. Jika kalian masih takut untuk memulai usaha online sendiri, kalian bisa mencoba menjadi dropshipper atau reseller online shop saja. Dropshipper adalah salah satu peluang bisnis yang sedang naik daun.

Pasalnya, bisnis ini memungkinkan kamu untuk berjalan tanpa harus memikirkan modal dan mengirimkan barang. Dalam praktiknya, kalian hanya perlu melakukan pemesanan ulang pada toko asli yang menjual barang. Kalian juga bisa jadi reseller, yakni membeli barang-barang secara online lalu menjual kembali barang tersebut lewat media sosial dengan harga jual yang menguntungkan.


Posting Komentar

© Copyright 2013-2023 SUPERMEDIA

Form WhatsApp

This order requires WhatsApp application.

Order Now